Tuesday, April 5, 2011

Nanas


Nanas / Pineaplle merupakan buah yang berasal dari Brasil dengan sejuta manfaat bagi kesehatan karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Kandungan buah nanas diantaranya adalah Vitamin A, C, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Besi, Natrium, Kalium, dekstrosa, sukrosa dan enzim bromaelin.

Kandungan yang terdapat dalam nanas dan manfaatnya bagi kesehatan :
  1. Enzim bromelain berguna untukmempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh. sehingga nanas adalah pilihan yang baik untuk pasien sebelum dan sesudah menjalani operasi. Mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah untuk diserap oleh tubuh, membantu melunakan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, mencegah terjadinya penggumpalan darah. Berfungsi sebagai pembersih, membantu membersihkan tubuh dan mengimbangi kadar keasaman dalam darah. Nanas menaikan kadarbasa darah dan membantu meringankan penyakit edema dengan cara mengurangi air berlebih di dalam tubuh.
  2. Asam aspartic berguna sebagai asam amino di dalam tubuh kita sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam amonia di dalam tubuh. Amonia adalah racun yang berbahaya bagi sistem saraf pusat.
  3. Kandungan serat nanas yang cukup tinggi cocok mengobati sembelit. Makan buah nanas, sama artinya mengonsumsi obat pencahar (konstipasi). Efeknya, buang air besar yang tadinya tersendat, menjadi lancar kembali. sehingga menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung.
  4. asam chlorogen mengurangi resiko kanker, kandungan asam chlorogen memblokir formasi dari nitrosamine ( zat yang dapat menyebabkan kanker ).
  5. Mengangkat sel kulit mati, Buah dan daun nanas bermanfaat pula membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Sebuah percobaan yang dilakukan terhadap beberapa ekor tikus yang mengalami luka bakar memperlihatkan bahwa enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Enzim ini terus bekerja sampai jaringan kulit yang sehat menampakkan diri.
  6. asam amino esensial dan non esensial membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi
  7. zat valine dan leucine yang terdapat di dalam nanas dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini juga termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita.
  8. Zat amino non esensial, proline untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung.
  9. Cystine berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita, membentuk formasi kulit , mempercepat penyembuhan luka,membantu memperlambat proses penuaan dini.
Efek samping nanas :
  1. Dapat menggugurkan kandungan. Beberapa penelitian mengatakan nanas muda berpotensi sebagai obat penggugur kandungan. Oleh karena itu disarankan kepada ibu-ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi nanas muda.
  2. Meningkatkan kadar gula darah. Nanas yang telah masak ternyata mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Para penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi nanas secara berlebihan.
  3. Menimbulkan rematik. Menurut beberapa penelitian, di dalam proses pencernaan, buah nanas mengalami fermentasi menjadi alkohol yang dapat memicu rematik. Untuk penderita rematik dan radang sendi sebaiknya membatasi konsumsi nanas.
  4. Bagi beberapa orang, mengkonsumsi nanas terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala. Nanas dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Sebagian orang dapat merasakan gejala alergi seperti kulit menjadi merah dan gatal setelah mengkonsumsi nanas. Untuk menghindari hal ini, potong dan celupkan nanas ke dalam air garam sebelum dikonsumsi. Dalam kasus alergi serius, bibir dan mulut dapat menjadi bengkak setelah mengkonsumsi nanas. Selain itu nanas juga dapat menyebabkan diare atau mual pada sebagian orang. Hal ini dapat terjadi jika orang yang alergi terhadap nanas mengkonsumsi nanas dalam jumlah besar.

No comments:

Post a Comment