Friday, April 15, 2011

Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Sedangkan pria seringkali bermasalah dengan kebotakan. Rambut Rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi, tetapi sebenarnya rambut yang rontok memang dibutuhkan untuk regenerasi rambut baru.

Ciri-ciri kerontokan rambut yang berbahaya :
  1. Rontok di satu tempat saja
  2. Rontok lebih dari 100 helai per hari nya.
Penyebab rambut rontok :

1. Faktor herediter atau keturunan
Kerontokan oleh karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan
mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat.
2. Faktor didapat, diantaranya :
# Stress / depresi berat
# Pengaruh obat-obat therapy
# Kesehatan yang menurun
# Pemakaian antibiotik yang berlebih
# Rambut terlalu sering kena obat kimia, seperti dikeriting, diluruskan dan di cat
# Rambut sering tertutup sehingga kulit kepala menjadi sulit bernafas dan lembab

Cara mengatasi rambut rontok :

  • Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  • Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.
  • Jauhi obat obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.
  • Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
  • Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
  • Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut anda.
  • Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
  • Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.
  • Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.
  • Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
  • Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
  • Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.
  • Hindari kebiasaan menarik narik rambut dengan alasan tidak jelas.
  • Pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang.
    Jika anda menggunakan kerudung atau akan memakai topi, sebaiknya sisir rambut anda terlebih dahulu (sebaiknya gunakan penyubur rambut & obat rambut rontok untuk perawatan rambut anda). Cara ini akan membuat rambut lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.
  • Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut anda.
    Apalagi saat tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut anda mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambutmu tidak bagus.
  • Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut anda. Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.
Makanan yang diperlukan untuk mencegah kerontokan rambut :

1. Ikan, telur dan kacang
Pada dasarnya rambut terdiri dari protein, karena itulah makanan tinggi protein sangat disarankan untuk menjaga kesehatan rambut. Pilih protein tanpa lemak, seperti ikan, daging ayam, telur, kacang almond, yogurt, atau tahu. Makanan tinggi lemak akan membuat kadar hormon testoteron pada pria menurun yang berdampak pada rambut rontok.

2. Zat besi
Zat besi memegang peran penting dalam pembuatan hemoglobin, bagian darah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Bila kadar hemoglobin bagus, oksigen pun bisa didistribusi sempurna. Ini berarti, sirkulasi darah bisa sampai ke akar rambut, yang akan merangsang pertumbuhan rambut. Makanan seperti telur, sayuran hijau, kismis, serta sereal gandum utuh, merupakan sumber zat besi yang baik.

3. Vitamin C
Karena vitamin ini meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

4. Seafood
Pria yang mengalami kebotakan diketahui memiliki kekurangan zinc dalam tubuhnya. Zinc
berperan dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari produksi sel hingga keseimbangan hormon, dan fungsi-fungsi ini memengaruhi pertumbuhan rambut. Selain itu, zinc berperan dalam kelenjar rambut yang "mengikat" akar rambut. Kekurangan zinc menyebabkan folikel rambut jadi lemah sehingga rambut mudah terlepas dari akarnya. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan mengandung zinc tinggi, seperti daging merah, daging unggas, kacang, kerang, atau udang.

No comments:

Post a Comment